Foto: VectorStock

Ini Alasan Rasulullah Langsung Bergegas Setelah Shalat Ashar

Suatu saat aku shalat Ashar di belakang Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam di Madinah. Kemudian beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam membaca salam dan cepat-cepat berdiri, lalu melangkahi pundak orang-orang yang ada di masjid menuju ke sebagian kamar istrinya. Maka orang-orang pun merasa kaget dengan bergegasnya Nabi.

BACA JUGA: Sahabat Nabi yang Shalat dengan Berjalan

Kemudian Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam keluar dari kamar istrinya menuju mereka. Nabi melihat para sahabat sepertinya merasa keheran-heranan karena bergegasnya beliau. Kemudian beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Aku bergegas dari shalat karena aku ingat suatu lantakan emas yang masih tersimpan di rumah kami. Aku tidak suka jika barang itu menahanku, maka aku memerintahkan (kepada istriku) untuk membagi-bagikannya.”

Dalam riwayat Muslim yang lain Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
Aku meninggalkan sebuah lantakan emas dari zakat di rumahku dan aku tidak suka menahannya.
Hadits ini memberi petunjuk kepada kaum Muslim agar bersegera dan cepat-cepat melaksanakan perkara yang telah diwajibkan Allah subhaanahu wa ta’ala kepada mereka. []

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Karena ini Rasulullah Menangis

Akhirnya mereka menunjuk Khalid bin Al-Walid. Yang mana setelah mengambil bendera, dia bertempur dengan hebat dan gagah berani.

you're currently offline