Foto: Freepik

Hentakan Kaki Rasulullah Menenangkan Tsabir

Gempa merupakan fenomena alam yang sudah ada sejak dulu, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bahkan pernah mengalami gempa. Hal ini terdapat dalam hadis riwayat Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah, Ad Daruquthni, dari Usman bin Affan RA.

“Apakah kalian tahu Rasulullah pernah berada di atas Gunung Tsabir di Mekah. Bersama beliau; Abu Bakar, Umar dan saya. Tiba-tiba gunung berguncang hingga bebatuannya berjatuhan. Maka Rasulullah menghentakkan kakinya dan berkata, Tenanglah Tsabir! Yang ada di atasmu tidak lain kecuali Nabi, Shiddiq dan dua orang Syahid.”

BACA JUGA: Si Pemakan Hati, Berbahaya di Masa Jahiliah, Mulia Setelah Masuk Islam

Dalam riwayat lain oleh Bukhari dan Muslim, dari Anas bin Malik RA, disebutkan Rasulullah berada di atas Gunung Uhud.

“Nabi naik ke Uhud bersamanya Abu Bakar, Umar dan Utsman. Tiba-tiba gunung berguncang. Maka Nabi menghentakkan kakinya dan berkata, ‘Tenanglah Uhud! Yang ada di atasmu tiada lain kecuali Nabi, Shiddiq, dan dua orang syahid.'”

Rasulullah¬†Shalallahu ‘alaihi wasallam juga pernah mengalami gempa ketika berada di Madinah. Waktu berkumpul bersama para sahabat, tiba-tiba tanah berguncang.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam meletakkan kedua tangannya di atas tanah.

BACA JUGA: Berbagai Perkara yang Menghalangi Amal Bajik (Bagian 1)

Lalu Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam berkata, “Tenanglah, belum datang saatnya bagimu.”

Kemudian Rasulullah menoleh kepada para sahabat lalu berkata, ” Sesungguhnya Rabb kalian menegur kalian, maka jawablah.” []

About Dini Koswarini

Check Also

Karena ini Rasulullah Menangis

Akhirnya mereka menunjuk Khalid bin Al-Walid. Yang mana setelah mengambil bendera, dia bertempur dengan hebat dan gagah berani.

you're currently offline