Foto: destroyer 88

Bukan Aku yang Menuntun Kendaraanmu, ya Rasulullah

Salah satu sahabat Rasulullah al-asla’ bin Syuraik bercerita: Aku pernah melayani Rasulullah. Kala itu aku menuntun untanya dalam perjalanan beliau. Lalu aku mengalami junub pada saat malam yang dingin, sedangkan Rasulullah ingin melanjutkan perjalanan. Aku merasa berat karena harus melanjutkan perjalanan dalam keadaan junub, tetapi aku juga khawatir jika mandi dengan air dingin, aku bisa sakit atau mati.

Lalu aku meminta salah seorang dari kalangan Anshar untuk menuntun unta Rasulullah. Aku meletakkan beberapa batu, kemudian aku panaskan air tersebut dengan batu itu. Setelah itu aku mandi dan menyusul Rasulullah.

“Wahai Asla’, mengapa perjalananmu berubah?” tanya Rasulullah.

“Bukan aku yang menuntunnya, akan tetapi seorang dari Anshar.”

“Lantas mengapa?”

“Aku sedang junub, dan aku tidak mau melanjutkan perjalanankecuali setelah mandi. Aku khawatir cuaca dingin ini akan membahayakanku. Maka aku menyuruh salah seorang Anshar untuk menuntun kendaraanmu. Sedangkan aku memanaskan air, kemudian mandi dan menyusulmu.

Lalu Allah menurunkan ayat yang berkaitan dengan tayammum.

 

Sumber: Walid al-A’zhami, Nabi Muhammad di Hati Sahabat., hal 153, 154.

About Dika Nugraha

Al-Qur'an & As-Sunnah

Check Also

Nabi Ibrahim Hanya Meninggikan Bangunan Kabah, Bukan Membuat Pondasi

Sebenarnya, yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS adalah meninggikan Ka'bah, karena fondasi Ka'bah telah ada sebelumnya.

you're currently offline