Foto: newsfirst

Benarkah Iblis dari Golongan Malaikat?

Hasan al-Bashri menyebutkan bahwa Iblis sama sekali bukan dari golongan malaikat.

Lebih lanjut, Syahr bin Hausyab mengatakan, “Pada mulanya Iblis berasal dari golongan jin. Namun, kala mereka berbuat onar di bumi, Allah mengutus pasukan malaikat, membunuh dan mengusir mereka ke semenanjung-semenanjung lautan.

BACA JUGA: Iblis: Assalamualaika Ya Musa

Iblis termasuk di antrara jin yang ditawan, kemudian dibawa naik ke langit, dan singgah di sana. Saat para malaikat diperintahkan bersujud, Iblis tak mau menuruti perintah itu.”

Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas, beberapa sahabat Rasul yang lain, Sa’id bin Musayyin dan lainnya menyatakan bahwa Iblis pada mulanya adalah pemimpin para malaikat di langit paling bawah.

Ibnu Abbas menambahkan, “Namanya Azazil.” Riwayat lain yang masih dari Ibnu Abbas menyebutkan, “Namanya Harits.” An-Nuqasy menyatakan, “Kuniah-nya Abu Kardus.”

BACA JUGA: Kesombongan Iblis

Ibnu Abbas menyatakan pula:

“Iblis berasal dari salah satu golongan malaikat bernama Jin, mereka bertugas menjaga surga. Ia termasuk yang paling mulia, paling banyak ilmu dan ibadahnya, serta punya empat sayap. Namun, kemudian Allah mengubah wujudnya menjadi setan yang terkutuk.” []

Sumber:   Qishahul Anbiya/ karya Imaduddin Abul Fida’ Ismail bin Katsir (Ibnu Katsir)/Jakarta: Ummul Qura (2013)

About عبد الله

Check Also

Enam Pelajaran dari Dokter Hati

Karena saya termasuk makhluk bergerak, maka saya tidak peru menyibukkan hatiku dengan sesuatu yang telah dijamin oleh Dzat yang Maha Kuat dan Kokoh.

you're currently offline