Foto: All Free Download

Bagaimana Cara Malaikat Maut Mencabut Nyawa yang Berbeda dalam Waktu yang Sama?

Kali ini, Nabi Ibrahim bertemu dengan malaikat maut dan mempertanyakan perihal bagaimana malaikat maut mencabut suatu nyawa di Timur dan suatu nyawa di Barat pada saat yang bersamaan. Dan itu merupakan pertanyaan yang sama di kesempatan yang berbeda, dimana Nabi Ibrahim ingin mengetahui tentang pekerjaan Malaikat maut.

BACA JUGA: Sejarah Kota Mekkah pada Masa Nabi Ibrahim

Asy’ats bin Aslam bercerita, “Ibrahim ‘alaihi sallam pernah bertanya kepada Malaikat Maut. Dia berkata, “Wahai Malaikat Maut, apa yang kaulakukan (jika yang kau cabut) adalah satu nyawa di Timur dan satu nyawa di Barat, juga ketika ada suatu malapetaka di bumi, juga ketika ada pertempuran antara dua pihak, bagaimana engkau melakukannya?”

Malaikat Maut menjawab, “Aku memanggil nyawa atas seizin Allah, sehingga nyawa-nyawa itu ada di antara kedua jariku ini.”

Sesuai dengan firman Allah dalam surah Ali Imran ayat,

وَمَا كَانَ لِنَفْسٍ أَنْ تَمُوتَ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ كِتَابًا مُؤَجَّلًا ۗ وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الْآخِرَةِ نُؤْتِهِ مِنْهَا ۚ وَسَنَجْزِي الشَّاكِرِينَ

“Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.”

BACA JUGA: Rupa Malaikat Maut untuk Nabi Pilihan

Itulah Malaikat Maut. Bumi dibentangkan baginya, lantas dibiarkan layaknya nampan yang darinya dia dapat mencomot apa saja yang telah Allah perintahkan. []

Sumber: Dialog Malaikat Maut dengan Para Nabi a.s./ Dr. Mustofa Murod/ Naura Books/ Jakarta, 2014

About Dini Koswarini

Check Also

Nabi Ibrahim Hanya Meninggikan Bangunan Kabah, Bukan Membuat Pondasi

Sebenarnya, yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS adalah meninggikan Ka'bah, karena fondasi Ka'bah telah ada sebelumnya.

you're currently offline