Foto: Freepik

Abu Ubaidah bin Jarrah Mencabut Gigi Nabi

Dalam Perang Uhud, kaum Muslimin untuk pertama kalinya mengalami kekalahan dari kaum musyrikin. Kaum Musyrikin berteriak-teriak, “Tunjukkan padaku di mana Muhammad berada! Tunjukkan padaku di mana Muhammad!”

Abu Ubaidah adalah satu dari sepuluh orang yang membentengi Rasulullah dari anak-anak panah musuh. Dalam perang ini Rasulullah terkena anak panah di gigi depannya, dahi beliau terluka, dan pipi beliau tertancap ujung besi dari topi bajanya. Abu Bakar ash-Shiddiq hendak mencabutnya, tetapi Abu Ubaidah memohon agar dia saja yang melakukannya.

Khawatir menyakitkan Rasulullah bila besi itu dicabut dengan tangan, Abu Ubaidah menggunakan giginya. Ditariknya besi itu dengan hati-hati sekali. Bersamaan dengan tercabutnya benda tersebut dari pipi Rasulullah, gigi depan Abu Ubaidah tanggal satu. Selanjutnya dia menggigit besi yang kedua, dan giginya pun tanggal satu lagi. Abu Bakar berkomentar, “Abu Ubaidah menjadi manusia yang lebih baik dengan tanggalnya dua gigi depannya, atas dan bawah.”

Abu Ubaidah mengikuti semua peperangan Rasulullah sejak mula pertama bersahabat dengan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam hingga wafatnya beliau. []
Sumber: Sosok Para Sahabat Nabi/ Abdurrahman Raf’at al-Basya/ Qisthi Press/ 2005

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Saya Saudara Jauh Muawiyyah

Ada seorang lelaki tak dikenal ingin datang menjumpai Muawiyyah. Di depan rumah, ia berjumpa pertama kali dengan penjaga gerbang.

you're currently offline