Foto: Flickr

Abdullah Dzul Bajadain Lebih Suka Syahid

Kisah hidup Abdul Uzza atau Abdullah Dzul Bajadain ‘sang pemilik kain Bajad’ teramat menyentuh. Waktu berlalu dilaluinya bersama keindahan teladan Rasulullah saw. 

BACA JUGA: Tatkala Para Sahabat Tidak Mematuhi Perintah Rasulullah

Lain dari sahabat umumnya, menjelang perang Tabuk, Abdullah Dzul Bajadain memohon doa kepada Rasulullah agar ia mendapatkan syahid di medan perang.

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu agar mengharamkan darahnya disentuh oleh orang-orang kafir,” panjat Rasulullah.

Sudah menjadi kebiasaan di kalangan para sahabat untuk memintakan doa kebaikan kepada Rasulullah, mereka tahu bahwasannya doa beliau selalu diijabah oleh-Nya.

“Ya Rasulullah, bukan itu yang aku inginkan,” ucap Abdullah usai mendengar do’a Rasulullah itu.

Rasul menjawab, “Sesungguhnya saat engkau berangkat menuju medan perang, engkau akan terserang penyakit yang menyebabkanmu meninggal. Atau, engkau akan dilemparkan oleh hewan tungganganmu hingga lehermu patah dan engkau mati syahid.”

BACA JUGA:  Membuat Satu Kalimat Perbandingan Bersama Rasulullah

Keputusan Allah pun telah datang, Allah memanggil Abdullah dalam keadaan sakit di medan perang Tabuk. Saat itu, ia berusia 23 tahun. []

Sumber:  Para Abdullah di Sekitar Rasulullah/Haeriah Syamsuddin

About عبد الله

Check Also

Saya Saudara Jauh Muawiyyah

Ada seorang lelaki tak dikenal ingin datang menjumpai Muawiyyah. Di depan rumah, ia berjumpa pertama kali dengan penjaga gerbang.

you're currently offline