Foto: VectorStock

Tidak, Tidak, Beritahu Abu Bakar untuk Melakukannya

 

Ketika tidak dapat menghadiri sholat berjamaahn karena sakit, Nabi memerintahkan Abu Bakar untuk memimpin shalat.

Saat itu, Bilal datang untuk bertanya kepada Nabi apakah dia akan memimpin sholat, dan Nabi berkata: “Tidak, beritahu Abu Bakar untuk memimpin shalat.”

Diriwayat yang lain, Nabi bertanya kepada seseorang bernama Abdullah bin Zama’a dimana posisi Abu Bakar. Ibnu Zama’a pergi mencari Abu Bakar tapi tidak dapat menemukannya. Namun dia menemukan Umar, dan memintanya untuk memimpin sholat. Tapi ketika Umar bertakbir, Nabi mendengarnya, dan berkata: “Tidak! Tidak! Beritahu Abu Bakar untuk melakukannya. ”

Nabi bertanya kepada orang-orang di sekitarnya jika waktu sholat datang. Nabi meminta mereka untuk memberitahu Abu Bakar untuk memimpin shalat berjamaah. Istri Nabi yang juga merupakan putri Abu bakar, mengatakan bahwa ayahnya adalah orang yang sangat lembut hati, dan jika dia melihat tempat sang Nabi di dalam masjid kosong, maka Abu Bakar akan menangis, dan tidak ada yang bisa mendengar suaranya. Tapi Nabi bersikeras bahwa Abu Bakar lah yang harus menjadi imam shalat berjamaah.

Nabi berulang kali menegaskan hal ini  pada hari-hari terakhir Nabi di bumi ini. []

About Admin 1

Check Also

Saya Saudara Jauh Muawiyyah

Ada seorang lelaki tak dikenal ingin datang menjumpai Muawiyyah. Di depan rumah, ia berjumpa pertama kali dengan penjaga gerbang.

you're currently offline